UPS : Peralatan Cadangan Daya Listrik, Penting bagi Komputer

by Maz Eko on May 8, 2012

Akhirnya kesampaian juga niat membeli UPS Komputer. Penyebabnya, beberapa minggu ini di Lampung dan sekitarnya sering terjadi padam listrik. Kekesalan terjadi ketika sedang asyik browsing dan chatting tiba-tiba komputer mati dan koneksi terputus.

Namun alasan utama saya membelikan UPS untuk komputer karena, setelah kejadian mati lampu dan komputer otomatis mati secara tiba-tiba membuat windows saya error ketika akan di hidupkan kembali.

ups-komputer

Gambar 1. UPS berfungsi sebagai input cadangan untuk komputer ketika terjadi pemadaman listrik. Dengan tambahan UPS maka ketika terjadi mati lampu, kita masih mempunyai waktu untuk mematikan komputer secara normal sehingga mencegah dari bahaya mati listrik bagi komputer.

Berikut Bahaya Mati Listrik Bagi Komputer.

  1. Bisa merusak file atau dokumen ketika sedang mengedit atau mengetik dokumen di MS Word. Selain itu tentu anda akan kesal sudah mengetik banyak dan belum di save tiba-tiba mati.
  2. Bisa merusak Sistem Windows, di karenakan windows anda sedang bekerja namun windows yang sedang berkerja di matikan secara paksa oleh listrik membuat windows corrupt.
  3. Bisa merusak Hardware. Hardware yang paling rawan akibat mati lampu adalah hardisk karena disana proses windows berjalan.

Tips Sebelum Membeli dan Memilih UPS Komputer

Kalo anda ingin membeli UPS pertama kali, silahkan perhatikan point-point kriteria dalam memilih ups yang bagus dan sesuai kebutuhan komputer anda :

  1. Pastikan anda membeli UPS mempunyai daya yang lebih besar dari pada Power Suply komputer anda. Power supply biasanya dalam satuan Watt sementara kapasitas UPS dalam satuan VA. Satuan Watt dan VA adalah tidak sama. Watt = VA x Power Factor. Biasanya di kardus UPS tertera berapa besar kapasitas VA dan Power Factor. (lebih lengkap baca : Perbedaan watt dan VA ).
  2. Cek kapasitas baterai. Berapa lama UPS dapat hidup (membackup) ketika listrik padam. Biasanya berkisar antara 8-20 menit.
  3. Pastikan UPS dilengkapi dengan AVR (Stabilizer) dan fuse (anti petir) yang berkualitas sehingga jika tegangan listrik turun ataupun tidak stabil, maka kerusakan di computer atau komponennya dapat dicegah.
  4. UPS mempunyai Transfer time yang kecil, sehingga ketika listrik padam, UPS dengan cepat menggatikan pasokan daya dan komputer tidak mengalami restart.

Rekomendasi: Merek UPS Komputer ICA, APC dan Prolink.

spesifikasi-ups-prolink-700vGambar 2. Saya memilih UPS Komputer Merk Prolink Pro 700V sesuai kebutuhan dan batasan budget. Saya beli di lampung dengan harga Rp. 410 ribu. Dengan spesifikasi : kapasitas 650 VA dan Power Factor : 0,7 (455 Watt) dengan beban yang saya berikan hanya 1 unit CPU 450 Watt dan 1 monitor. Transfer Time : 2 ms. Dilengkapi dengan AVR dan Anti petir juga.

Tips Merawat UPS Komputer Tetap Awet

Berikut cara agar UPS komputer anda tetap berfungsi secara maksimal dan baterai tidak cepet ngedrop :

  • Setelah anda membeli UPS baru, Charge terlebih dahulu selama kurang lebih minimal 8 jam pertama hingga 12 jam agar performa batereinya bagus. Sama seperti baterei HP yang wajib dicharge dulu pada pemakaian pertamanya.
  • Gunakan UPS sesuai spesifikasinya atau beban seharusnya. Penggunaan yang tidak sesuai beban akan menyebabkan baterai cepat drop dan rusak. Biasanya beban yang direkomendasikan hanya separuh dari yang tercantum pada UPS
  • Jaga UPS agar tidak sampai kehabisan baterai ketika memback up pemadaman listrik. Rata – rata UPS dapat memback up hingga 15 menit, setelah itu UPS tidak tahan dan akan mati dengan sendirinya. Karena itu, begitu listrik padam sebaiknya segera lakukan persiapan untuk mematikan komputer dengan aman.
  • Cabut sumber listrik UPS bila sedang tidak digunakan untuk menghindari panas terus menerus. Hal ini juga untuk menghindari panas pada stop kontak listrik dari UPS tersebut.
  • Letakkan UPS pada tempat yang agak terbuka agar hawa panas yang dihasilkan ketika beroperasi bisa tersirkulasi dengan baik.
  • Restart UPS dengan waktu kurang lebih 5 detik setelah Anda mematikan UPS, jangan langsung mematikan dan menghidupkannya secara tiba – tiba.
  • Gunakan UPS hanya untuk kegunaannya saja seperti peralatan komputer. Saya sendiri hanya untuk CPU dan monitor. Jangan gunakan untuk peralatan elektronik lain selain yang diperuntukkannya.

Kesimpulan: Menurut saya peralatan UPS komputer sangat penting untuk melindungi baik data, software dan mencegah terjadinya kerusakan hardware komputer yang di akibatkan oleh mati listrik.

Apakah anda sudah mempunyai rencana untuk ini?

Artikel lain yang berhubungan...

    { 14 comments… read them below or add one }

    TONGKONANKU May 15, 2012 at 12:14 pm

    UPS saya sudah rusak. Sekarang saya cuma pake Stabilizer biasa.

    Reply

    rambo January 20, 2013 at 9:19 pm

    saya baru beli UPS persis kyk punya Anda, dengan beban hanya 1 buah laptop ASUS F5R. Tp kenapa pas listrik mati dan kabel latop nancep ke UPS & UPS nya kok bunyi terus yaa…?
    thanks

    Reply

    pria ganteng June 30, 2016 at 5:48 pm

    Itu alarmnya gan

    Maz Eko August 1, 2016 at 7:33 pm

    Memang begitu mas, kalo mati lampu dan UPS tetap hidup akan bunyi.

    sutarno February 8, 2013 at 11:50 am

    maaf boss ….
    ada yg bisa bantu saya untuk menjelaskan merk ups terbaik untk kebutuhan toko
    ups terbaik untk satu monitor lcd 21 in+printer+scanner barcode.
    terimakasih atas bantuannya…

    Reply

    totok February 25, 2013 at 12:39 pm

    bagaimana cara cas ups yang benar sebelum du gunakan apa ups dalam keadaan off atau on..terimakasih

    Reply

    Maz Eko February 26, 2013 at 2:00 am

    Off atau On sama saja. UPS sudah ada teknologi switching, jadi ketika baterai sudah penuh maka otomatis output akan langsung terhubung dr sumber AC dan bukan dari baterai UPS.

    amin fajri February 27, 2014 at 6:49 pm

    kalo blog ini msh aktif saya mau tanya..
    saya punya pro link model pro700
    permasalahannya: setelah mati lampu yang tiba2. terdengar bunyi tuitt panjang, dan jaringan yang ada di komputer gak jalan
    itu solusinya gimana?

    Reply

    oshaf September 11, 2014 at 11:18 am

    Terima kasih atas jawabannya, Mas Eko.

    Reply

    gugun October 15, 2015 at 3:20 pm

    Thanks gan sangat membantu artikelnya,kebetulan lagi cari info ups

    Reply

    Oppi April 28, 2016 at 10:05 pm

    Mau tanya kalo ups jatoh akan jadi masalah ga ya pada cadangan daya nya ??’atau malah jadi rusak ??’ Bermasalah juga ga dengan komputer yang terpasang ?

    Mohon infonya . Makasih .

    Reply

    Maz Eko May 3, 2016 at 12:25 pm

    Silahkan di cek di dalam, jika tidak ada komponen yg patah atau rusak. Mudah2an UPS tidak apa2.. Hnya rusak bagian casing luar saja

    javar May 24, 2016 at 10:13 pm

    maz eko yg terhormat…
    sy baru beli ups…yg sy tanyakan apakah boleh stabilizer ditancapkan ke ups kemudian dari stabilizer di tancapkan ke komputer….alur detailnya : ups – stabilizer – komputer. mohon pencerahannya…terima kasih banyak mas….

    Reply

    Maz Eko August 1, 2016 at 7:31 pm

    yang benar Stabilizer – UPS – Komputer.

    Leave a Comment

    Previous post:

    Next post: