Software Video Editing Terbaik (dan Gratis) 2015

by Maz Eko on April 21, 2015

Harga software Video editing berkisar antara $100-$500 tergantung dari fitur yang dimiliki, namun ada beberapa pilihan software gratis. Pertanyaannya adalah kita akan mencari apakah software gratis ini cukup bagus untuk digunakan melakukan video editing di rumah.

software video editing

Saya mencoba beberapa software video editor gratis dan berbayar untuk membandingkan fitur-fitur yang dimiliki. Apakah anda ingin membuat sebuah film sendiri atau mengedit video liburan keluarga untuk di bagi di situs jejaring social, dengan software video edit gratis sepertinya sudah cukup.

15 Software Video Editing Terbaik

Berikut beberapa software video editor gratis terbaik yang bisa anda pilih.

1. Windows Movie Maker

Windows Essentials adalah kumpulan banyak program untuk windows 7 dan 8. Didalamnya terdapat Movie Maker yang dibuat oleh Microsoft sebagai jawaban untuk iMovie Apple pada Mac dan iPad dan menunjukkan bahwa komputer Windows juga bisa digunakan untuk mengedit video.

Beberapa klip video dapat dimuat ke Movie Maker dan kemudian diatur dengan drag and drop sesuai urutan yang anda inginkan. Foto juga dapat di tambahkan ke dalam klip video dan kemudian di beri efek agar lebih menarik. Klip video dapat di potong menjadi bagian yang lebih kecil dan ini dapat anda tarik dan pindahkan juga, Adegan dalam video juga bisa dipotong dengan mengatur awal dan titik akhir. Efek visual dapat diterapkan untuk klik dan merekan disusun per kelompok seperti artistic, cinematic, motions and fades. Klip kusam dapat dicerahkan da nada fitur stabilisasi video untuk menghapus kamera yang goyang.

Tersedia beberapa tema proyek dan memilih satu untuk menambahkan judul di awal, kredit di akhir dan efek perpindahan antar klip. Anda kemudian cukup mengedit teks, menyesuaikan transisi dan sebagainya untuk menghasilkan video yang bagus. Anda juga dapat merekan dan menyisipkan video webcam, merekam narasi untuk video nda menambahkan music dan keterangan, memudarkan suara masuk dan keluar pada klik dan banyak lagi.

Movie Maker memiliki jangkauan yang sangat baik dari pilihan output yang telah ditetapkan untuk menampilkan HD, komputer, tablet, ponsel dan web. Anda dapat mempublikasikan film langsung ke YouTube, Facebook, Vimeo, dan tempat-tempat lain. Ini adalah teknologi yang rendah, mudah digunakan, alat yang menyenangkan untuk membuat video pendek.

2. Machete Video Editor Lite

Dibandingkan dengan Movie Maker, Machete Video Editor Lite sangat terbatas dan bahkan program penuh dengan biaya $18 tidak dapat bersaing dengan editor lain. Versi Lite yang diuji di sini memang memiliki beberapa manfaat, meskipun fungsi dasar dan dapat memuat satu video klip AVI atau WMV untuk diedit. Meskipun hanya satu klip dapat dimuat, program ini memungkinkan Anda untuk memilih klip video lain pada disk drive dan masukkan pada titik saat ini. Ini berarti bahwa Anda dapat memperpanjang klip asli dengan memasukkan klip lainnya poin sepanjang itu, atau Anda bisa pergi ke frame terakhir dan memasukkan klip di sana untuk menggabungkan dua klip bersama-sama. Anda dapat terus memasukkan pada akhir untuk membuat video lebih lama.

Setelah menggabungkan semua rekaman video untuk membuat film, Anda dapat mengatur untuk menyuntingnya. Menggunakan frame advance controls, penanda awal dan akhir dapat diatur untuk memilih bagian. Cut, copy dan paste bekerja seperti yang Anda harapkan dan ini memungkinkan Anda untuk memangkas awal dan akhir film, memotong bagian membosankan dari tengah, mengatur ulang adegan lalu simpan jauh ke disk.

Ada pilihan untuk menghapus track audio dan untuk versi lengkap ada juga pilihan untuk menambahkan track audio tambahan, sehingga Anda bisa menambahkan musik latar belakang atau merekam suara dan menerapkannya ke film. Sayang fitur yang tidak dalam versi gratis. Machete Video Editor Lite adalah cepat dan mudah untuk digunakan, tetapi itu hanya terlalu terbatas.

3. WeVideo

WeVideo adalah editor video online dan kelemahan yang jelas adalah ketika harus meng-upload file besar. Namun, itu baik untuk video pendek jika Anda menggunakan jaringan serat optik broadband. Sebuah akun WeVideo gratis memerlukan waktu dua detik untuk mengatur menggunakan login Facebook Anda dan memberikan 5GB penyimpanan, dan 15 menit video bulan pada resolusi 480p. Sejumlah film dapat diedit, diberikan hanya 15 menit untuk video output.

Meng-upload klip video sangat mudah dan Anda juga dapat merekam langsung dari webcam. Editor di jendela browser memiliki tata letak yang mudah dengan klip di sebelah kiri, pemutar video di sebelah kanan dan waktu di bagian bawah. Klip dapat diseret ke timeline untuk menambahkannya ke storyboard. Foto dapat di-upload dan dimasukkan juga dan ada efek Ken Burns.

Klip dapat dibuka untuk diedit dan ini memungkinkan awal dan akhir untuk dipangkas. Transform tool palette menyediakan rotasi, sandal vertikal dan horisontal, scaling dan banyak lagi. Effects palette menawarkan sembilan efek video yang berbeda seperti sharpen, sepia, drean dan sebagainya. Tingkat audio dapat disesuaikan dan memudar dalam atau keluar. File audio, seperti musik, dapat di-upload dan diterapkan untuk film juga.

Sekitar dua lusin tema dapat diterapkan untuk film, termasuk jurnal perjalanan, pengantin putih, kenangan dan klasik. Mereka dapat menambahkan efek ke seluruh video, judul ke awal, dan sebagainya. Ketika Anda selesai, film yang dihasilkan dapat dibagi ke berbagai jaringan sosial atau disimpan secara online di situs WeVideo. Ini bagus untuk pemilik Chromebook.

4. Lightworks

Lightworks telah digunakan untuk membuat film-film Hollywood, termasuk baru-baru ini The Wolf of Wall Street dengan Leonardo DiCaprio. Ada edisi gratis dan Pro, namun perbedaan utama adalah format output dan Anda terbatas pada resolusi 720p.

Video diimpor dan diatur dalam bins dan racks, dan rooms yang dibuat dengan layout editing. Ini dirancang untuk memungkinkan tim editor menggunakan beberapa workstation untuk membuat dua jam film yang berisi puluhan adegan dan ratusan klip. Ini tidak mungkin dilakukan dengan editor video lainnya.

Alat editing yang sangat ampuh dan mereka menawarkan ketelitian tingkat tinggi yang tidak dimiliki editor video lainnya. Video dan trek audio, yang ada banyak, dapat masing-masing diedit, sehingga Anda dapat memotong bagian dari video dari tengah adegan membiarkan audio dan dipotong untuk menunjukkan sesuatu yang lain, kemudian kembali sementara audio terus berputar.

Fleksibilitas yang dimiliki ketika menggabungkan adegan yang sangat baik dan permulaan dan keluar dapat tersetel langsung di timeline. Ada rentang yang terbatas efek khusus seperti transisi, tetapi program TV dan film-film Hollywood jarang menggunakan apa pun selain pudar dari / ke hitam.
Lightworks ditujukan untuk editor video profesional dan sangat menarik untuk menggunakan alat yang digunakan oleh pemenang Oscar editor film Hollywood. Ia tidak melakukan banyak, tapi apa yang dilakukannya adalah brilian.

5. VSDC Free Video Editor

Dari semua video editor pada tes, VSDC Free Video Editor yang satu ini adalah yang paling sulit untuk digunakan dan awalnya cukup membingungkan. Ini memiliki banyak fitur yang fungsinya tidak jelas, tetapi itu sangat berharga karena ia mampu beberapa efek pintar. Bahkan, sejumlah fungsi agak luar biasa pada awalnya.

Editor lebih seperti Movie Maker daripada Lightwave dan memiliki banyak efek dan mencolok, tetapi mereka tidak memiliki kesederhanaan dan presisi fitur editing pro di Lightwave. Jika Anda ingin melakukan hal-hal seperti gambar-gambar, menambahkan gelembung pidato dengan teks, garis overlay, persegi panjang, dan elips, maka VSDC adalah alat untuk melakukan itu.

Format output yang sangat baik dan ada pilihan untuk PC, DVD, iPod, Xbox, Playstation, ponsel dan banyak lagi. Video output dapat menjadi DVD, VCD, AVI dan MPG juga. Dapat diburning ke CD dan DVD. VSDC memiliki lebih banyak fitur daripada yang lain dan layak dipertimbangkan.

6. Avidemux

Avidemux adalah alat editing video khusus dan itu bukan seperti movie maker. Hanya satu klip video pada satu waktu dapat dimuat dan sehingga tidak mungkin untuk membuat film dengan menggabungkan adegan dari beberapa sumber. Hal ini paling baik digunakan sebagai alat untuk mempersiapkan klip untuk digunakan oleh Editor film lain.

Fitur Avidemux yang terbaik adalah memanipulasi output. Ada delapan kategori filter dan berbagai item dalam setiap kategori. Di antara pilihan yang menambahkan perbatasan, menambahkan logo dengan alpha blending, mengubah frame rate, tanaman, memudar masuk dan keluar, memutar, flip dan mengubah ukuran. Anda dapat menyesuaikan kecerahan dan kontras, warna dan saturasi, mengurangi kebisingan, mempertajam tepi, dan banyak lagi.

Jika Anda memiliki klip dari berbagai ukuran dan frame rate, seperti yang mungkin Anda jika Anda telah menggunakan kamera digital yang berbeda, camcorder dan ponsel selama bertahun-tahun, Avidemux dapat digunakan untuk membuat mereka semua sama ukuran dan frame rate sebelum Anda menggunakannya di tempat lain editor video untuk membuat film. Ada beberapa preset yang berguna, seperti DVD, 720p, PSP, SVCD dan sebagainya. Meskipun beberapa fitur yang bermanfaat, editor ini adalah penggunaan terbatas meskipun dan sering menampilkan pesan kesalahan.

Software Video Editing Gratis Lainnya

Itu bukan di mana daftar berakhir. Ada banyak software editing video gratis yang layak untuk dilihat, beberapa di antaranya kami telah terdaftar di bawah. Ini mungkin tidak cukup mengesankan seperti yang lain yang tercantum di sini, dan kami belum pernah sepenuhnya menguji mereka, tetapi jika Anda punya tugas tertentu yang perlu melakukan beberapa bisa bernilai menyelidiki, terutama karena mereka gratis!

 7. Kate Video Toolkit (alat editing video dasar untuk pemangkasan, menggabung, transisi atau menambahkan soundtrack)

8. MPEG Streamclip (membuka beberapa file video dan trim, memotong, menyalin atau paste. Opsi ekspor yang sangat baik, juga).

9. VirtualDub (hanya untuk file AVI, tetapi memungkinkan Anda memotong klip, menambahkan filter dan efek, dan menambahkan colokan untuk lebih banyak fitur)

10. Video Dub Free (editor video dasar tetapi tidak mengurangi kualitas video)

11. AVS4You. Merupakan software All in One multimedia tools: video converter, video editor, audio converter, audio editor, image converter and more. Software AVS4YOU merupakan berbayar, namun dengan harga yang cukup murah.

12. Freemake Video Converter (alat konversi video yang juga menyediakan alat editing video dasar)

13.  Pinnacle VideoSpin (video dan foto editor. Tambahkan efek suara, musik latar belakang, foto)

14.  YouTube Editor (editor video berbasis web yang dibuat oleh YouTube)

15.  Wax (video compositing dan efek khusus perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai aplikasi mandiri atau plug-in)

Kesimpulan: Apa software video editing Gratis Terbaik 2015?

Lightworks dan Movie Maker adalah dua editor video gratis yang terbaik yang kami uji, tapi untuk alasan yang sama sekali berbeda.

Lightworks diarahkan editing yang tepat dan pemotongan klip dan adegan yang profesional TV dan film editor membutuhkan dan sangat cocok untuk pekerjaan editing panjang dan rumit.

Movie Maker mudah digunakan dan memiliki fitur untuk pengguna rumahan yang ingin membuat film yang menyenangkan untuk berbagi secara online dengan keluarga dan teman-teman.

Karena mereka bebas, mengapa tidak mencoba keduanya?

Dan software video editing merupakan software penting yang harus ada di laptop atau komputer.

Artikel lain yang berhubungan...

    { 1 comment… read it below or add one }

    hariyono April 23, 2015 at 10:13 am

    terima kasih atas infonya.

    Reply

    Leave a Comment

    Previous post:

    Next post: