Asus Eee PC 1025C, Netbook Mungil, Elegan & Powerfull

by Maz Eko on May 10, 2012

Sebenarnya saya sudah punya laptop 14 inchi, namun di karenakan terasa berat di saat bepergian. Akhirnya saya mencari netbook yang lebih praktis dan ringan di bawa. Ketika sedang blog walking ketemu review tentang Asus Eee PC 1025C di blog yosbeda.com yang menurut beliau netbook ini sangat praktis seperti ponsel. Akhirnya saya pun tertarik.

Netbook-Asus-Eee-PC-1025C

Gambar 1.Netbook Asus Eee PC 1025C : Netbook Pertama yang Nyala dalam 2 detik!


Ternyata Netbook Asus Eee Pc 1025C tidak ada di semua toko komputer di lampung, dan akhirnya saya order dari Jakarta dengan harga 2,75 juta + ongkir 70 ribu. Setelah seminggu barangpun datang. Netbook sengaja saya pilih yang kosong tanpa windows (DOS) biar nantinya buat saya belajar install windows 7 dari USB Flash Disk.

Asus Eee PC 1025C dari sisi luar atau body

Netbook Asus Eee Pc 1025C di produksi dalam beberapa pilihan warna di antaranya Paris Pink, Expresso Brows, Lipstick Red, Gentleman Blue, Tuxedo Black, City Gray. Namun warna Putih (Silk White) menjadi pilihan, karena menurut saya lebih kelihatan elegan. Di tambah lagi adanya finishing metalik pada bagian body casing dan aksen krom metal sepanjang sisi sampingnya (Desain Flare) memberikan kesan glamor. Dengan berat hanya 1.2 kg dan juga charger yang sangat mungil sehingga benar praktis untuk di bawa ke mana-mana.

Asus Eee PC 1025C Dari sisi Hardware dan Fitur

Netbook Asus Eee Pc 1025C menggunakan Prosesor Terbaru Intel Atom Cedar Trail (dual-core N2800) yang di klain memiliki performa 3x lebih cepat di banding sebelumnya.

Fitur-fitur Netbook Asus Eee Pc 1025C yang membuat saya tertarik.

Fitur-Asus-Eee-PC-1025C

Gambar 2.Fitur-Fitur Asus Eee PC 1025C yang Menarik, Netbook simple, elegan dengan fitur yang lebih dari cukup.

Fitur Instan On

Mengaku sebagi Netbook pertama yang mampu Nyala dalam 2 detik dari posisi sleep dengan ASUS Instant On. Klo kebiasaan saya selama ini, ketika ingin bepergian harus mematikan terlebih dahulu laptop dan baru nanti menghidupkan lagi. Biasanya jika menghidupkan dari posisi OFF membutuhkan waktu yang agak lebih lama. Dengan Fitur Instan ON saya tidak perlu mematikan, hanya sleep dan untuk menghidupkan hanya butuh waktu 2 detik. Walaupun didalam keadaan sleep, Eee PC Flare Series mampu bertahan hingga 21 hari.

Daya Tahan Baterai hingga 12 Jam

Dengan teknologi hemat daya ASUS Super Hybrid Engine hingga 10%. Dan memang terbukti bahwa netbook ini mempunyai ketahanan baterai yang luar biasa hingga mencapai 12 jam. Jadi cocok untuk yang suka bepergian jauh-jauh, tidak perlu khawatir “baterai habis”.

Nikmati video Full HD 1080p di HDTV melalui port HDMI.

Sebuah netbook tentunya hanya memiliki layar kecil, namun asus mengerti kebutuhan di saat kita menginginkan layar yang lebih besar, menonton film misalnya. Port HDMI sebagai solusi untuk ini. Namun sayangnya Kabel HDMI tidak termasuk dalam paket penjualan :( .

Touchpad yang Lebih Besar dengan Fitur Multi Gesture.

Multi-Gesture-Touchpad

Gambar 3.Touchpad yang lebih luas memudahkan untuk menggerakkan cursor serta dukungan multi-gesture.

Karena kebiasaan saya menggunakan PC desktop dengan mouse maka ketika menggunakan touchpad agak bingung, terumata ketika akan scrolling halaman. Setelah mencoba-coba ternyata untuk scroll yaitu dengan meletakkan 2 jari (telunjuk + jari tengah) bersamaan. (dasar katrok diriku).

USB Charger+

Fitur ini juga cukup menarik, seperti kita ketahuai smartphone itu sangat boros baterai dan saya sendiri bisa mencharge HP Android 2x sehari. Jadi fitur ini berguna ketika sedang bepergian dan tidak ada colokan listrik. Maka kita bisa mencharge smarthphone kita walaupun dengan posisi Netbook Asus Eee Pc 1025C adalah OFF.

Namun walau dengan prosesor terbaru, Intel Atom masih sangat jauh di bandingkan dengan prosesor lainnya.

Berikut hasil rating Windows Experience Index di Windows 7

Rating Windows 7 Experience Index

Gambar 4. Semua Netbook yang menggunakan Processor Intel Atom akan menunjukkan rating terendah pada bagian procesor speed.

Tidak salah jika anda suka bepergian atau sering dinas keluar kota untuk menjadikan Netbook Asus Eee PC 1025C sebagai pilihan tepat karena alasan praktis dan daya tahan baterai yang sangat lama.

Artikel lain yang berhubungan...

{ 2 comments… read them below or add one }

Rezaldi June 6, 2012 at 7:36 pm

Wuidiiih mas eko baru beli netbook ternyata. mantap juga ini. ngomong ngomong jadi ga nih ke PRJ nya? wkwkwk mau beli gadget apa lagi maz eko?

Reply

jaya August 15, 2012 at 9:19 pm

saya baru beli asus 1025 c tgl 18 juli 2012. dari pertama di coba daya tahan baterai sampe 7 jam saja tuh.tidak pernah menyentuh 10 jam apalagi 12 jam. sy dah setting sesuai syarat asus ( brightness 40%, kondisi surfing internet, mode powersaving). Pertama kali dibeli sesuai buku panduan di charge selama 8 jam. Saya mau tanya, netbook anda daya tahan baterainya berapa lama? Asus bohong atau baterai netbook sya yang rusak. terima kasih

Reply

Leave a Comment

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post: