Cara Hapus Windows Old

by ragajatsuma on September 8, 2016

Apakah anda pernah melakukan upgrade sistem operasi windows ? jika pernah, apa yang terjadi pada sistem operasi anda yang sebelumnya ?

Apakah sistem operasi lama anda hilang / terhapus ? Tidak. Sistem Operasi Windows anda yang lama tidak terhapus atau hilang. File-file lama anda akan tersimpan pada sistem dan disatukan dengan folder yang mana folder tersebut bernama windows.old.

Folder Windows Old

Kenapa windows old perlu di hapus ?

Folder windows.old ini memuat isi file-file dokumen, program-program yang terinstal pada windows lama. Sehingga memakan kapasitas harddisk yang sangat banyak. Maka diperlu dihapus untuk memberikan free space harddisk. Biasanya windows.old ini memakan size sebesar 10-30 GB, besaran harddisk itu tergantung seberapa banyak anda menginstall program serta menyimpan file-file pada windows lama.

Cara menghapus windows old

Folder windows.old ini tidak dapat dihapus dengan cara klik kanan lalu delete folder atau shift+Delete pada keyboard anda. Jika anda mecoba menghapus dengan cara tersebut maka akan mendapatkan jendela peringatan.

Cara yang paling ampuh menghapus folder windows.old ini adalah menggunakan Windows Disk Cleaner tool, caranya sebagai berikut :

  1. Buka File Explorer pada komputer anda atau bisa menekan tombol di keyboard komputer anda dengan menekan tombol keyboard “Windows”+ “E” lalu akan terbuka jendela windows explorer
  2. Lalu klik Kanan pada drive C: atau tempat folder windows.old berada lalu pilih Properties.
  3. Setelah jendela Properties terbuka, di tab general ada tombol bernama Disk Clean-up. klik tombol tersebut dan tunggu tool akan menganalisis hard drive
  4. Setelah analisis pertama selesai klik tombol Clean up system files
  5. Setelah analisis kedua selesai, anda akan melihat temporary file yang bisa anda delete untuk memberikan ruang pada drive anda. Pastikan anda melakukan check pada options Previous Windows Installation(s)  lalu klik OK untuk memulai cleanup

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

Previous post:

Next post: